Senin, 29 Juli 2013

JANGAN TERLALU CEPAT UNTUK MENYERAH

Ketika anda mengalami masalah,yaitu masalah yang amat sulit dan menyusahkan,barangkali amat mengecilkan hati,ada satu prinsip dasar untuk diterapkan.prinsip ini adalah-jangan pernah berhenti atau menyerah.
   Menyerah sama juga dengan mengundang kekalahan total.dan ini tidak hanya menyangkut persoalan yang di hadapi.menyerah menunjang kekalahan pribadi.menyerah cenderung mengembangkan psikologi kekalahan.hadapilah masalah dengan cara lain jika metode yang anda gunakan tidak berhasil.Dan jika pendekatan baru tersebut gagal berjalan dengan baik,maka dekatilah dengan cara lain lagi hingga anda benar benar menemukan kunci bagi situasinya.karena kunci itu memang ada,selalu ada,dan pencarian serta usaha yang terus menerus dan bijaksana,serta tidak menyimpang pasti akan menghasilkannya.
   Pada waktu makan siang saya melihat salah seorang teman saya mempunyai kebiasaan menggambar diagram di atas taplak meja berwarna putih untuk mengilustrasikan pokok pokok yg ia sampaikan.Ia sedang berbicara tentang seseorang yang mengalami kesulitan,tetapi orang ini lebih kuat dibandingkan masalah yang di hadapinya.orang ini tidak mau berhenti hingga akhirnya memperoleh hasil yang spektakuler.Anda dan saya telah melihat berulang-ulang tragedi yang sesungguhnya.kita telah melihat orang dengan tujuan dan sasaran.Mereka Bekerja...mereka berjuang...mereka berpikir...mereka berdoa.Akan tetapi,karena perjalanan sulit,mereka menjadi letih dan putus asa dan akhirnya mereka berhenti.Dan sesudahnya,sering diketahui bahwa seandainya saja mereka bertekun sedikit lebih lama lagi,seandainya mereka dapat melihat kedepan,mereka akan menemukan hasil yang mereka cari.
JANGAN PERNAH BERBICARA SOAL KEKALAHAN
Bagaimana anda dapat mengembangkan sikap tak terkalahkan dan tidak mau menyerah ini?Nah,pertama,jangan pernah berbicara soal kekalahan,karena jika anda melakukannya anda sebenarnya menyuruh diri anda untuk menerima kekalahan itu.suatu waktu,ketika saya pribadi tengah mengalami kesulitan,seseorang di aneka sepatu,yang tidak saya kenal,menelpon saya.yang ia hanya katakan adalah”jangan khawatir dan jangan menyerah”saya menyampaikan berita baik untuk anda.”sebelum saya bertanya kepadanya apa berita baik itu,ia sudah menutup telponnya.dan saya masih tidak mengetahui apa yang ia maksudkan dengan berita baik.Akan tetapi,tiba-tiba saya menyadari bahwa saya selama ini tidak mengucapkan kata kata yang baik dan penuh harapan;saya selama ini berbicara “merendahkan diri”.dan dengan tindakan saya itu sebenarnya membujuk diri saya kedalam sikap kalah sehingga menjadi kalah.jadi saya mulai mengucapkan kata kata yang baik,kata kata seperti harapan-kepercayaan-iman dan kemenangan.saya menggunakan penegasan yang mujarab,”saya pasti bisa bila saya pikir bisa”.sebenarnya peluang anda untuk benar benar tiba di tempat yang anda tuju didalam kehidupan kerap bergantung pada reaksi anda terhadap semacam kemunduran yang menghancurkan.Apakah anda akan menyerah atau apakah anda akan terus berusaha?hanya sesederhana itu.dan apa yang anda putuskan menentukan masa depan anda.
IMBAU KETABAHAN HATI ANDA
Kerja keraslah yang akan membuat anda menang,jadi janganlah menjadi orang picik,sobat!Imbaulah ketabahan hati anda;memang mudah sekali untuk berhenti:Berusaha untuk tetap tabah itulah yang sulit.Memang mudah untuk berteriak bahwa anda sudah dikalahkan-dan mati;Memang mudah untuk mundur dan merangkak;akan tetapi untuk berjuang dan berjuang ketika harapan tidak terlihat---Mengapa,itulah permainan terbaik dari semua!Dan walau pun anda keluar dari tiap pertandingan yang meletihkan,babak belur,patah dan takut,Cobalah satu kali lagi---Memang mudah sekali untuk mati,Berusaha tetap hidup itulah yang sulit.
   Kisah Hayes Jones mengingatkan akan sebaris kalimat dari Goethe:”ketekunan yang kuat,yang keras dan terus menerus,dapat digunakan oleh yang terkecil dari kita dan jarang gagal mencapai tujuannya,karena kekuatannya yang diam bertumbuh semakin besar bersama waktu tanpa dapat ditahan.”dengan kata lain,teruslah berusaha anda pasti berhasil.penolakan untuk menyerah ini disebut prinsip ketekunan.sayangnya,kita sedikit sekali mendengar tentang ketekunan di dalam era yang permisif dan lunak ini.Akan tetapi,ketika amerika secara historis menghasilkan orang orang yang kuat,pentingnya ketekunan terus di tanamkan ke dalam kesadaran kaum muda.Mereka diberitahu untuk berjuang sebaik mungkin dan tidak pernah boleh membiarkan apa pun melemparkan mereka,dan jika memang mereka terlempar,segeralah kembali dan serang kesulitan tersebut,pukul dengan keras dan teruskan apa pun yang terjadi.Ketekunan—itulah kata kuncinya,dan ini tetap merupakan prinsip dasar bagi siapa saja yang ingin berhasil.Anda tidak dapat tiba di mana pun secara kreatif di dalam hidup ini tanpa menerapkan prinsip ketekunan secara keras.
TERUS BERTAHAN MEMBERIKAN HASIL
Para pemikir dunia,mereka yang tahu keadaan yang sebenarnya,selalu menekankan perubahan yang terjadi karena ketekunan.Nabi Muhammad mengatakan,”Tuhan beserta orang yang mau bertekun.”Shakespeare mengatakan kepada kita bahwa”Hujan yang terus menerus merusak marmer.”Nah,marmer itu keras,amat keras,tetapi tetes hujan yang kecil dan terus menerus menimpanya dapat merusaknya.”jatuhnya tetesan air bisa melubangi batu”
   Edmund Burke,negarawan besar,memberi kita sepotong nasehat.Ia juga percaya akan kekuatan prinsip ketekunan.ia berkata”Jangan pernah berputus asa,tetapi jika anda memang berputus asa,bekerjalah terus dalam keputusasaan.”



Tidak ada komentar:

Posting Komentar